Tech News

header ads

APRIL KELABU: Heny Lany dan Arnold Clemens Ap


Zuzan Crystalia Griapon
APRIL KELABU: Heny Lany dan Arnold Clemens Ap
.
Jalan setapak ini benar-benar semakin lebar. Terlihat pelita-pelita kecil mulai muncul satu-satu. Pelita-pelita kecil berkerumunan menyinari jalan setapak ini, yang dihancurkan paksa oleh penguasa,kolonial Indonesia.
Jalan setapak ini memang sempit dan dikerumuni rerumputan belukar dan sisa-sisa perlengkapan pengahancur. Tapi, siapa sangka ditengah penghancuran paksa, tetap ada pelita-pelita yang terus bersinar dan membagikan api dan minyaknya kepada jutaan pelita lainnya untuk menyinari jalan setapak itu.
Heni Lani [Doc CAP]
.
Perjuangan Pembebasan Nasional PApua Barat, adalah perjuangan di jalan yang sempit. perjuangan di jalan yang penuh dengan belukar.
Perjuangan pembebasan nasional dari kungkungan kolonialisme dan kaptalisme, adalah perjuangan yang panjang dan sesak. Apalagi perjuangan paska Aneksasi(penggabungan Paksa) papua ke Indonesia.
.
Penggabungan paksa ini memang tidak terlepas dari kepentingan ekploitasi Sumber daya alam, sumber daya manusia yang berakibat, pembantaian manusia papua, diskriminasi orang papua, mengancurkan kehidupan luhur orang papua.
pengancuran paksa mengisyaratkan bahwa hidup menjadi orang papua adalah suatu petaka. maka ada banyak orang papua yang justru hidup mengikuti arus kolonilaisme dan kapitalisme , untuk mengamankan diri dari dampak pengancuran paksa.
.
Trauma yang mendalam menjadikan manusia papua bingung maau kemana dan hidup seperti apa?
.
Di mulai pada tahun 1974 untuk menghibur rakyat papua yg trauma dan sakit hati, Arnold Ap , seorang mahasiswa Universitas Cendrawasih, lahir sebagai seniman, arnold bernyanyi dan mencoba memberikan gambaran tentang hidup orang papua. Arnold tidak takut, dengan kehidupan saat itu, represif militer, pengancuran paksa, tidak mengalangi arnold menjadi pelita di jalan sempit itu.
Arnold bernyanyi dan memberikan pesan singkat kepada rakyat papua bahwa, Tanah air adalah harga tertinggi dari hidup.
Tanah air dan manusia adalah harga yang tidak bisa ditawar.
Saat itu rakyat papua mampu pelan-pelan sembuh dari luka itu, sembuh dari goresan panjang itu. Secara fisik arnold dipenjara dan dibunuh (26 April 1984), arnold ditembak mati oleh militer Indonesia di Tanah airnya, Namun secara kata-kata , nyanyian dan karya Arnold Ap tidak pernah mati.. !!!
.
Perjuangan melalui karya seni setelah tahun-tahun petaka bagi rakyat papua 1961-1969 memang tidak mudah , namun demi menyalakan pelita yang lebih besar, mati adalah kesempurnaan dalam bersatu dengan tanah air..
.
Tahun-tahun berlalu, bisikan-bisikan di jalanan mulai terdengar, air embun membasahi rerumputan di jalan yang sempit, musim kemarau pun tiba, mengeringkan rerumputan, api kecil terbentuk kembali menyalakan satu lagi api di pelita kecil.
kali ini pelita itu berbeda. pelita kecil ini dengan minyak dan cadangan yang penuh. Pelita ini dari jalan ke jalan , dari honai ke honai dari kota ke kota menceritakan dan bekerja untuk melebarkan jalan sempit ini. Pelita itu adalah Heny Lani. Seorang kawan dari kalangan mahasiswa. Seorang pejuang sejati yang menyerahkan hidup dan dedikasi untuk perjuangan pembebasan nasional papua barat. Heny lani melalui Pengeras suara, menjangkau ruang dan waktu terus memberikan pemahaman tentang pembebasan nasional papua barat secara rasional.
Hidup bagi heny adalah untuk tanah air dan manusia, hidup bagi heny adalah perjungan hingga titik darah penghabisan untuk kepentingan rakyat papua. Heny pernah menjadi Daftar Pencarian Polda Papua, heny pernah menjadi target kolonial Indonesia ,Namun, heny pernah menyalakan lebih dari 100 pelita-pelita yang mati di jalan yang sempit ini, Iya menyerahkan minyak sisa dan cadangan sisa minyak yang dimiliki untuk menyalakan lebih dari 100 pelita lainnya, untuk menerangi jalan setapak ini, untuk melabarkan jalan setapak ini. Bahkan kematian henny di tangan kolonial, membuktikan bahwa kolonialisme tidak akan pernah memberikan hak hidup bagi rakyat papua. Sistem kesehatan yang baik dan memadai tidak akan diberikan oleh kolonial Indonesia. untuk itu, hari ini heny menjadi saksi dari pembunuhan orang papua melalui sistem-sistem kolonial.
.
Arnold C Ap. [Doc CAP]
Pengasingan bagi heny dan arnold adalah sebuah harga yang harus dibayar, kematian bagi mereka adalah kesempurnaan dalam berjuang karena melalui kematian ini, api dan minyak itu melebur menjadi satu dan menerangi lebih banyak pelita di jalan setapak ini.
Mahasiswa yang memberontak seumur hidup
-Arnold dan Heny- Pejuang Pembebasan nasional papua barat.
.
Tanah kolonial
15 April 2018
.
Satu lagu dari Arnold Ap ,
Hidup ini suatu misteri mengiringi kepergianmu Heny lani, 
Reef
-- yang kudamba..
yang ku nanti 
tiada lainnn...
HANYA KEBEBASAN!

By. Zusan C Griapon

Post a Comment

0 Comments